Bergaya Tanpa Harus Berusaha

Busana | Written By, Michelle Yee | June 28th, 2016

Desainer fashion otodidak asal Singapura Danelle Woo menciptakan karya yang jauh dari kata trendi atau menarik perhatian. Sebaliknya, karyanya mewakili potongan fashion yang modern dan kekal.

1_DSC03811_1
Bersahaja adalah kata pertama yang muncul ketika melihat karya-karya sederhana tetapi indah yang diciptakan oleh desainer fashion otodidak asal Singapura, Danele Woo. Kesederhanaan elegan yang mengitari karyanya adalah sesuatu yang menyegarkan di tengah-tengah pasar yang dibanjiri dengan baju-baju produksi masal. Karya-karya Danelle adalah lambang yang tepat untuk gaya berpakaian modern, tidak berlebihan dan klasik. Pada kenyataannya, kebanyakan pakaian-pakaian Aijek sangat mudah dikenakan – cocok untuk para wanita modern dan sibuk yang ingin terlihat bergaya dan cantik.

1_aijek fw15-046_

Berbagi cerita bagaimana Aijek dimulai, Danelle berkata, “Saya memulai Aijek lima tahun yang lalu di kantor rumah saya di Shanghai. Saya banyak hidup berpindah-pindah dan saya banyak membuang barang ketika saya bepergian, tetapi saya sadar bahwa saya selalu kembali ke baju-baju tertentu di lemari saya, kemanapun saya pindah, baik Korea, Australia atau Shanghai. Jadi, saya juga ingin menciptakan baju-baju seperti ini untuk wanita lain, terutama para wanita seperti saya, yang tidak memiliki badan ukuran nol, memiliki anak-anak dan jadwal yang sibuk. Intinya adalah merancang sesuatu yang cukup bagus, tetapi tetap kekal dan klasik untuk wanita modern sekarang.”

Merek Aijek juga menempatkan prioritas tinggi untuk seni kerajinan tangan – setiap potongan baju dibikin secara handmade dengan jumlah terbatas di pabrik yang juga memproduksi untuk label desainer ternama seperti Calvin Klein, Alexander Wang, Diane Von Furstenberg dan Prada. Selain di Singapura, Aijek juga memiliki pasar yang kuat di Amerika Serikat, Hong Kong, Cina dan Taiwan.

Di wawancara ini, Danelle berbicara mengenai pendapatnya akan panggung fashion lokal, apa yang menginspirasi dia dan rencananya di masa depan.

Siapakah pengaruh terbesar Anda dalam keputusan Anda untuk menjadi desainer fashion?

Bibi saya. Dia sangat suka belanja, dan saya ingat dengan jelas seringkali bepergian dengan dia untuk belanja ketika saya muda. Walaupun saya tidak mengerti fashion itu apa pada saat itu, saya begitu kagum dengan baju-baju indah di butik-butik tersebut dan suka menyentuh semua pakaian di situ sambil menunggu beliau.

Bagaimana Anda mendeskripsikan gaya desain Anda?

Tanpa harus usaha, feminin dan klasik.

Siapakah desainer-desainer yang Anda kagumi?

Desainer-desainer Asia baru seperti Zang Toi (Malaysia), Peggy Hartanto (Indonesia), Ran Fan (China), dan Lie Sang-Bong (South Korea).

Bisakah Anda berbagi beberapa nasihat untuk para perancang busana yang berharap bisa sukses di industri fashion yang sangat kompetitif ini?

Adanya hasrat sangatlah penting – cintai apa yang Anda lakukan, dan jangan pernah menyerah.

1_aijek fw15-102

Bisakah Anda berbagi pendapat mengenai suasana fashion lokal?

Sangat mengagumkan untuk melihat banyaknya label-label baru dan desainer muda yang memulai label mereka sendiri dan melakukan kolaborasi silang. Dibandingkan dengan belasan tahun yang lalu, lebih banyak halangan untuk memulai bisnis sendiri. Dengan dukungan dari pemerintahan dan Spring Singapore, desainer dan merek lokal sangat terbantu. Berada di panggung desain menciptakan kesempatan untuk bertemu sesama desainer, dari pernak-pernik rumah sampai aksesoris dan mereka melakukan hal-hal yang mengagumkan.

Apa lagi yang menurut Anda bisa dilakukan untuk membantu desainer lokal meningkatkan status mereka di Singapura dan luar negeri?

Keepers yang baru-baru ini diadakan adalah inisiasi yang baik sekali oleh Singapore Tourism Board untuk mempromosikan desainer Singapura kepada turis dan warga lokal, dan diterima dengan baik. Untuk Aijek, kami melakukan pameran di New York setahun dua kali, didukung oleh pemerintah. Berada di panggung fashion tentu sangat membantu dalam menciptakan kehadiran merek, dan para pembeli juga akan lebih percaya diri akan merek yang berada di shopbop atau retailer besar terpilih.

Dari mana Anda mendapatkan inspirasi ketika anda harus memunculkan ide -ide untuk koleksi baru Anda?

Bepergian memiliki dampak yang besar untuk rancangan saya – melihat bagaimana wanita-wanita dari kota yang berbeda mengatur waktu antara keluarga dan kerja, menjalankan kewajiban mereka sebagai istri dan ibu di rumah, dan juga membangun karir mereka. Hasrat dan dorongan mereka menginspirasi saya. Dan ini adalah alasan kenapa baju-baju yang saya rancang adalah untuk wanita sehari-hari seperti saya. Wanita-wanita yang saya temui, walaupun dari budaya yang berbeda; tidak memiliki badan berukuran nol dan merayakan feminitas dan mencintai fashion.

Aijek artinya apa?

Aijek sebenarnya adalah nama Cina saya “Kejia” yang dieja dari belakang. Aijek tidak memiliki arti sebagai sebuah kata, yang berarti bagus untuk diversifikasi (apabila suatu hari kami hendak melakukan pakaian pria ☺). Hanya keluarga saya dan teman-teman masa kecil yang mengenal saya dari nama Cina saya, jadi ia begitu dekat dengan hati saya.

Seberapa besar perbedaan panggung fashion di Cina dibandingkan dengan di Barat?

Para wanita Cina semakin moden dan memiliki ekspektasi lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Mereka mengerti akan kualitas dan mencari rancangan yang sederhana tetapi modern dan tidak berlebihan. Ketika merancang koleksi, saya memikirkan kapan para konsumen akan memakai pakaian saya. Kebanyakan baju-baju Aijek cukup serba guna untuk dikenakan dengan sepatu datar di siang hari, tetapi bisa berganti menjadi sesuatu yang glamor untuk malam hari. Ini adalah faktor yang penting, karena berkoneksi dan bersosialisasi adalah bagian besar dari wanita modern kini di Cina. Wanita Cina sekarang ini lebih eksperimental. Mereka mau mencoba tampilan yang berbeda, membeli merek yang belum pernah mereka dengar sebelumnya, selama baju-baju tersebut mengekspresikan individualitas mereka. Maka dari itu, saya percaya perbedaan fashion di Cina dan Barat semakin sedikit.

1_DSC04145

Di mana Anda berharap melihat Aijek lima tahun mendatang dari sekarang?

Saya harap kami akan berlanjut menyentuh wanita setiap hari dan terhubung melalui fashion.

Bisakah Anda berbagi dengan kami koleksi Anda yang mendatang?

Aijek selalu dikenal dengan baik akan desain renda. Kami akan memasukkan lebih banyak elemen maskulin untuk SS2017 mendatang. Sekarang ia tetap menjadi rahasia.

Aijek tersedia di beberapa toko di Singapura termasuk Tangs Orchard, Trixilini, Sarah B, Nana and Bird, Soon Lee, Tangs Vivo, Mporium, dan Society A. Untuk informasi lanjut, kunjungi aijek.com

Comments

comments



Share:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

  Michelle Yee

SUBSCRIBE TO OUR MONTHLY NEWSLETTER TO GET THE LATEST UPDATES.


en_GB
id_ID