Singapura persis bukan sebuah pulau yang besar… tetapi kita tidak pernah gagal terkejut akan betapa banyaknya perkampungan kecil yang ada. Kali ini, kami menuju ke jantungnya dan berwisata ke distrik Serangoon New Town, hanya untuk menemukan lebih banyak dari yang awalnya ditawarkan.

_dsc2940-bw

Berlokasi tepat di antara Ang Mo Kio dan Hougang, Serangoon New Town terletak daerah timur laut Singapura. Ia dibagi menjadi tiga zona terpisah (Serangoon Central, Serangoon Garden dan Upper Serangoon), yang mungkin banyak yang tidak tahu kalau daerah ini tidak lebih dari sekadar “kawasan hunian” yang menawarkan sedikit hal di luar kedai kopi dan blok-blok perumahan.

Seperti yang kami temukan, di situlah mereka keliru. Serangoon adalah salah satu daerah yang memiliki akses paling mudah di Singapura, tersedia terminal tranportasi umum dan dua jalur MRT (Circle dan North East) yang berarti Anda dapat menuju dan kembali ke dan dari area tersebut dengan sekejap, dan tidak lebih dari dua kali men-tap kartu EZ-link Anda.

_dsc2991

Di atas stasiun MRT berdiri sebuah toko retail baru yang besar di area pusat perbelanjaan NEX (Serangoon Central No.23) yang lengkap dengan sebuah bioskop, galeri dan toko hewan hingga klinik medis, pusat fitnes 24 jam dan perpusatakaan umum. Merk-merk favorit dunia pun mengisi toko-tokonya, seperti Sephora, Uniqlo, Cotton On, Charles & Keith dan H&M, jadi apapun yang Anda cari, kesempatan untuk menemukannya ada di sini.

Untuk sesuatu yang lebih ke nuansa artisanal, pergilah ke bagian utara dan telusuri sepanjang Jalan Upper Serangoon yang merupakan rumah untuk banyak toko dan kafe milik pribadi. Cobalah untuk menikmati makan menjelang siang di Sunday Market (Jalan Lim Tua Tow No.22) dan pesan roti panggang Bangkok mereka yang terkenal sebelum menjelajah ke toko tetangga, Alice In The Wonderland (Jalan Lim Tua Tow No.14), toko tata rumah yang eklektik. Jika tidak, arahkan indra penciuman Anda ke toko roti sedikit jauh di The Bread Table (Jalan Upper Serangoon No.1010). Baik membeli roti untuk dibawa pulang atau makan di tempat sambil menikmati roti lapis dan pizza di kafe tersebut.

_dsc2968

Untuk kelezatan lain, berada tidak terlalu jauh dari situ. Jauh di dalam jalan-jalan perumahan Serangoon Avenue 3 terletak sebuah jalan kecil yang dikenal sebagai Jalan Riang. Kawasan kecil mungil ini menawarkan tempat-tempat makan yang lumayan enak, seperti bistro Australia, Rokeby (Jalan Riang No.15-19), restoran makanan laut terkemuka Louisianan, The Cajun Kings (Jalan Riang No.15-1), dan untuk makanan penutup sebuah kafe berkonsep alami dan menawan, Wimbly Lu Chocolates (Jalan Riang No.15-2) yang menyajikan wafel lezat serta banyak makanan penutup dengan bahan dasar cokelat.

Jika Anda masih ragu untuk tersesat di antara perumahan tersebut, ada banyak pilihan alternatif yang sedikit lebih jauh ke selatan di kawasan Serangoon Gardens yang sangat digemari itu, yang mana merupakan rumah bagi banyak tawaran internasional dari lokal ke Korea, Jepang dan bahkan Prancis.

arbite-3054-2

Di sekitar bundaran, area ini terlihat banyak ekspatriat dan warga lokal yang sama untuk alasan yang sangat baik. Di pusatnya adalah pusat makanan CHOMP CHOMP (Jalan Kensington Park No.20). Dibangun di gang-gang sempit yang diisi dengan kios-kios jajanan yang menyajikan segala makanan mulai dari makanan nasional favorit, seperti kue wortel hitam (kue tumis lobak dengan kecap manis), sate dan sayap ayam, itu bisa membuat sedikit ketakutan akan ruang sempit. Ini benar-benar penuh pengunjung tiap malam, jadi harap berbaris untuk mengantri makanan bahkan meja Anda. Ketika Anda menemukan kursi kosong, bersegeralah untuk meletakkan tisu kemasan di meja itu sebagai tanda bahwa Anda telah menempatinya. Terlepas dari pesanan apa yang Anda pilih, tambahkan di piring Anda saus barbeque atau sambal ikan pari. Makanan manis, asin dan pedas ini adalah salah satu yang terbaik di Singapura, khususnya ketika disandingkan dengan sepiring cah kangkung terasi. Untuk menghilangkan rasa pedas di lidah, minumlah air gilingan tebu manis yang disajikan di gelas berukuran besar yang menyaingi gelas bir stein Jerman.

_dsc2999

Jika suasana hati Anda menginginkan sesuatu yang sedikit ringan, datanglah ke myVillage (Maju Avenue 1), pusat perbelanjaan yang merupakan rumah bagi Little Wimbly Lu (#01-09/10, myVillage) (sister outlet yang lebih kecil dari kafe aslinya) serta Relish by Wild Rocket (#02-07/09, myVillage), yang menyajikan banyak burger klasik dan khusus seperti burger ayam katsu kari Jepang yang unik dan bahkan burger daging kepiting lembut pedas. Tawaran tarif serupa di dekatnya adalah A for Arbite (Serangoon Garden Way No.66A), bistro kecil tersembunyi yang menawarkan aneka makanan porsi kecil dan besar seperti salad keju brie goreng dan betis domba pedas Asia. Untuk makanan penutupnya, nikmati makanan Eropa klasik ala Singapura seperti tiramisu gula merah atau panna cotta Horlicks.

_dsc2958

Penemuan yang agak mengejutkan di kawasan ini adalah sejumlah restoran Korea yang bermunculan di beberapa waktu terakhir ini. Jika Anda ingin mencicipi kimchi dan bulgogi, datanglah ke restoran Hanwoori Korean (Serangoon Garden Way No.76) dan banyak makanan utama Korea, yaitu banchan atau lauk pauk yang tak terbatas (makanan pendamping). Tak dapat memilih hanya satu hidangan? Langsung saja menuju SYNC Korean Tapas Bar (Maju Avenue No.12) dan santaplah semua! Untuk pencuci mulut, jalanlah ke Nunsonyee Bingsu Cafe (Burghley Drive No.45). Diterjemahkan secara harafiah dalam bahasa Korea yang berarti “kepingan salju”, tempat makan yang sedikit luas yang menjadi sarang lagu-lagu K-Pop ini menyajikan makanan manis, seperti es serut atau susu dengan buah musiman dan pugasan pasta kacang merah, wijen hitam dan bahkan kue beras. Mirip seperti es kacang Singapura yang sempurna dinikmati di hari yang panas.

boutique-edit

Di luar dari restoran-restoran yang sangat disukai tersebut, tempat favorit pribadi yang layak di sebut adalah La Petite Boutique (Jalan Kensington Park No.4), toko kelontong gourmet kuno Prancis. Masuklah, Anda akan mencium aroma kuat dari banyaknya pilihan keju internasional sebelum menjelajah ke bagian anggur, bir dan makanan manis, roti croissant mentega dan kue-kue yang menggoda. Karena itu bukan barang-barang yang mudah dimasukkan ke dalam bagasi, jadi kami berani bertaruh kalau Anda akan mengunyah semua kue-kue itu sebelum waktu untuk pergi tiba.

_dsc3017

Dengan begitu banyaknya pilihan, benar jika dikatakan bahwa Seranggon New Town adalah surga bagi penggila makan internasional. Mencakup area yang jauh lebih luas dan banyak aspek, kawasan ini pastinya layak untuk dikunjungi ketika berencana makan di luar berikutnya!

Comments

comments



Share:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

  Marissa Trew

SUBSCRIBE TO OUR MONTHLY NEWSLETTER TO GET THE LATEST UPDATES.


en_GB
id_ID